Browser Anda tidak mendukung javascript.

RajaBacklink.com, Tempat Berkumpulnya Seluruh Blogger Indonesia
link building
06-Jul-2019
Artikel   »   SEO

Apa Itu Link Building dan Benarkah Link Building Penting untuk Website / Blog?


Link Building adalah salah satu istilah populer yang seringkali didengar terutama jika anda berkutat dengan dunia website atau blog. Lalu, apakah yang dimaksud denga link building itu sendiri? Dan benarkah anggapan yang menyatakan bahwa link building ini penting untuk website atau blog anda? Untuk mendapatkan defines link building, sebenrnya anda bisa mendapatkannya dari bergam website yang khusus membahas tentang SEO. Secara garis besar, link building adalah sebuah penanaman link atau tautan di berbagai situs lain yang kemudian akan mengarahkan URL tersebut ke URL milik anda dengan beragam keyword sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya saja adalah sepertu berikut ini. Website milik youtube.com member sebuah link ke facebook.com. Ini artinya, facebook.com mendapatkan sebuah backlink dari youtube.com. Untuk memperoleh backlink, anda bisa menggunakan beragam sumber yang berbeda seperti di bawah ini:

Blog Commenting. Ini artinya anda bisa meletakkan link untuk menuju ke website anda pada saat anda menuliskan komentar di website milik orang lain.

Forum Activity. Anda bisa meletakkan link ketika membuat sebuah thread, menjawab thread pengguna lain, atau berupa link yang diletakkan dalam signature

Social bookmark. Cara ini dilakukan dengan saling berbgi link di social bookmark.
Guest Blogging. Anda bisa melakukan dengan cara mengirimkan artiel yang di bagian dalamnya atau dalam artikel tersebut terdapat sebuah link yang mengarah ke website milik anda untuk kemudian di publish di website miliki orang lain.
Directory submit. Caranya adalah dengan melakukan listing website anda pada sebuah directory online.

Selain 5 cara diatas, tentu ada beragam cara lain yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan backlink. Cara diatas merupakan cara umum dan paling mendasar yang bisa anda lakukan. Jika anda mencari cara lain, maka anda bisa juga membali backlink di fasilitas penyedia jasa backlink. Namun, pastikan untuk memilih jasa backlink yang menyediakan backlink berkualitas dan tetap disukai atau legal menurut google atau mesin pencarian lainnya.

Benarkah Link Building atau Backlink Penting untuk Website / Blog?

Kini, pertanyaan selanjutnya adalah apakah benar link building itu penting untuk website? Jawabannya tentu YA dan bahkan sangat penting. Link Building ini seringkali digunakan sebagai salah satu teknik SEO off page yang sangat amat penting untuk membuat ranking website atau blog kalian naik di dalam mesin pencarian seperti Google. Tujuan utama dari penggunaan link building atau backlink ini adalah sebagai salah satu sarana untuk memperkenalkan website yang anda kelola di mata Google sehingga nantinya Google akan melakukan indeks atau mengindeks website milik anda dan menbuat ranking website anda semakin naik dan berada di halaman pertama mesin pencarian google.

Mengingat pentingnya link building ini, maka tentu saja sangat amat disarankan untuk menggunakan link yang benar benar berkualitas. Caranya sudah pernah kami bahas dalam artikel sebelumnya. Link Building yang anda taruh di website lain untuk mengarah ke website anda seringkali disebut juga dengan nama external link. Tahukah anda, external link juga sangat penting untuk juice link atau kekuatan peringkat. Hal ini karena beberapa mesin pencarian seperti Yahoo, Google, dan Bing menganggap link ini sebagai sebuah rekomendasi dari pihak lain bahwa website anda merupakan website yang aman dan juga relevan.

Backlink atau link building juga sangat berharga untuk sebuah upaya SEO karena hal ini mewakili vote of confidence dari sebuah situs ke situs yang lainnya. secara garis besar seperti yang sudah disampaikan diatas, link building ke situs anda merupakan sebuah sinyal untuk mesin pencarian yang lain yang menunjukkan adanya jaminan bahwa konten yang anda miliki dalam website anda sangat bagus dan juga relevan. Selain itu, biasanya konten tersebut juga dianggap mampu untuk membangun banyak orang. Nah, apabila semakin banyak website yang menautkan link ke halaman anda, maka bisa jadi konten anda tersebut menjadi sangat layak untuk ditampilkan di halaman pertama sebuah mesin pencarian atau search engine semacam google dengan keyword yang berhubungan. Jadi, mendapatkan backlink akan sangat bermanfaat untuk posisi atau ranking website anda.

Membuat Backlink dengan Anchor Text yang Berkaitan

Anchor text, mungkin banyak dari anda yang  belum pernah mendengar istilah ini meskipun kami yakin sebenarnya anda pernah melihatnya. Ini merupakan sebuah teks yang terlihat serta dapat di klik dalam sebuah hyperlink. Di dalam browser, anchor text ini biasanya memiliki warna biru dengan garis bawah di bawah teks nya. menurut banyak pakar SEO, Anchor Text adalah sebuah faktor penting yang sangat berpengaruh pada SERP atau search engine ranking point. Ini artinya, mesin pencarian akan menilai seberapa akurat informasi antara link yanga da dengan anchor textnya. Nah, anda wajib tahu bahwa anchor text sendiri memiliki beberapa tipe yang berbeda beda yakni partial match, exact match, naked link, branded, generic, dan images. Anda bisa mendapatkan banyak informasinya dari web web yang membahas tentang SEO dimana kamu juga akan  membahasnya dalam waktu dekat ini.

Itulah penjelasan mengenai link building dan pentingnya untuk menggunakan link building dalam website anda. faktanya, link building ini sangat penting dan bermanfaat sehingga anda harus mempertimbangkan untuk memilikinya jika hingga sekarang website anda belum pernah menggunakan strategy link building.

Baca Juga

tips marketing sukses

Tips Marketing yang Jitu dan Sukses

Ketika memutuskan memilih internet sebagai media pemasaran paling cepat dan tepat sasaran, maka setiap pemilik usaha harus menyiapkan rencana marketing yang tepat. Tak

baca detail

Traffic Website atau Blog Anda Nyungsep? Jangan-Jangan Inilah Penyebabnya!

Traffic Website atau Blog Anda Nyungsep? Jangan-Jangan Inilah Penyebabnya!

Merosotnya rangking atau peringkat artikel anda bisa disebabkan oleh bermacam macam alasan, bisa jadi ini bukan karena kesalahan anda. namun, bisa juga banyak yang ikut

baca detail

jualan herbal

Tips Jualan Herbal Melalui Internet

Jualan herbal melalui internet merupakan bisnis yang berhubungan dengan kesehatan. Kesehatan sangat dibutuhkan seluruh manusia untuk beraktivitas. Bila Anda perhatikan,

baca detail

Benarkah Backlink Penting untuk SEO? Cari Tahu Sekarang Disini

Benarkah Backlink Penting untuk SEO? Cari Tahu Sekarang Disini

Backlink dan SEO ibarat amplop dan perangko karena keduanya adalah hal yang berkaitan dan tak bisa dipisahkan. Karena itulah, keduanya seringkali diperhatikan dan

baca detail

PT Media Promosi Online

Cirebon

Jl. Pangeran Cakrabuana No. 201, Sumber
Cirebon 45171, Jawa Barat, Indonesia

Bandung

Ruko Puri Dago no. A3 Jl. Terusan Jakarta
Antapani, Bandung 40293, Jawa Barat, Indonesia

Copyright © RajaBackLink.com 2019 - All rights reserved
Copyright © RajaBackLink.com 2019
All rights reserved

Seseorang dari Semarang memesan 2 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Bandung memesan 5 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Yogyakarta memesan 5 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Bali memesan 6 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Makasar memesan 3 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Surabaya memesan 4 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Medan memesan 8 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Jambi memesan 5 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Jakarta memesan 10 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Bekasi memesan 3 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Bogor memesan 5 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Pontianak memesan 3 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Jakarta memesan 2 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Deli Serdang memesan 4 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Jakarta memesan 6 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Brebes memesan 3 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Mataram memesan 2 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Jogjakarta memesan 4 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Depok memesan 3 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Surabaya memesan 8 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Denpasar memesan 6 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Makassar memesan 4 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Pekalongan memesan 3 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Jakarta memesan 7 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Pemalang memesan 8 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Jakarta memesan 9 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Tegal memesan 5 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Lumajang memesan 9 backlink untuk websitenya.

Seseorang dari Bandung memesan 10 backlink untuk websitenya.